Portal-Rakyat : Politik, Ekonomi, Sejarah, dan Budaya Indonesia

Saturday, March 16, 2019

Kata TGB Istilah Kafir Tidak Ada Di Piagam Madinah

Dr. Muhammad Zainul Majdi, Lc, MA, atau biasa dipanggil Tuan Guru Bajang (TGB), mantan Gubernur NTB (Nusa Tenggara Barat) turut memebrikan pendapat perihal polemik tentang anjuran organisasi NU (Nahdlatul Ulama) agar umat muslim di Indonesia tidak menggunakan istilah kafir kepada kalangan non muslim.

Menurut Tuan Guru Bajang (TGB), ulama telah bersepakat tentang istilah kafir dari aspek atau sisi akidah dimana berlaku kepada siapa pun yang tidak percaya atau ingkar kepada Allah dan Rasul-Nya beserta pokok-pokok syariat ajaran Islam. Namun demikian, menurutnya, dalam bermuammalah atau urusan duniawi sehari-hari, Nabi Muhammad SAW telah memberi contoh kepada umatnya agar dapat membangun dan menjalin hubungan saling menghormati antar sesama manusia dengan baik.

TGB menyatakan bahwa dalam Piagam Madinah atau Konstitusi Madinah dimana terdapat naskah perjanjian antara Nabi Muhammad SAW dengan masyarakat berbagai latar belakang agama di Madinah yang menyebutkan bahwa semua orang memiliki hak dan kewajiban yang sama di kota tersebut. Namun, kata kafir tidak digunakan pada dokumen dimaksud guna menyebut kelompok Yahudi atau non muslim lainnya yang ikut dalam perjanjian karena Piagam Madinah bukan berisi tentang prinsip akidah tetapi membangun masyarakat utuh secara bersama. TGB menambahkan bahwa saat ini kita hidup di negara atau bangsa Indonesia dimana semua orang wajib menjaga rasa persaudaraan dan persahabatan dengan sepenuh hati dan sekuat-kuatnya. Maka dlam menyebut atau memanggil saudara sebangsa dan senegara harus berpatokan pada semangat persatuan dan persaudaraan sebagai sesama anak bangsa. Ia berujar bahwa menyebut orang beragama lain dengan sebutan non muslim tidak keliru, dan bahkan lebih sesuai dengan semangat kita berbangsa. Namun jika kata non muslim diganti kafir tentu menjadi sangat tidak nyaman untuk saudara-saudara yang beragama selain Islam. 

muslim

0 comments