Portal-Rakyat : Politik, Ekonomi, Sejarah, dan Budaya Indonesia

Tuesday, March 24, 2020

Perlunya Pendirian Perusahaan Milik Negara yang Khusus Memproduksi APD

Terkait masih sulitnya pasokan APD (Alat Pelindung Diri) yang sangat diperlukan oleh kalangan medis terutama dalam menghadapi tugas menangani pasien COVID-19 menjadikan urgensitas pemerintah untuk mendirikan perusahaan BUMN yang khusus memproduksi peralatan kesehatan ini.

Menteri BUMN, Erick Thohir, telah menyatakan bahwa sampai saat ini belum ada perusahaan pelat merah yang khusus memproduksi APD. Adapun salah satu perusahaan milik negara (BUMN) yang bernama PT RNI (Rajawali Nusantara Indonesia) (Persero) hanya memproduksi masker yang akan dipasok ke PT Kimia Farma (Persero) Tbk. Sementara APD sendiri tidak sekedar masker namun peralatan utama APD adalah baju coverall, sepatu boot, google, sarung tangan panjang, dan helm visor.

Diketahui bahwa PT RNI (Persero) melalui anak perusahannya yang bernama PT Rajawali Nusindo memiliki unit departemen yang mampu memproduksi berbagai peralatan kesehatan, salah satuny adalah masker. Salah satu merk yang diproduksi adalah masker Maesindo Mask Headloop yaitu masker penutup wajah guna melindungi pemakai dari risiko terpapar debu, polusi dan partikel kecil di udara, termasuk mencegah masuknya virus ke saluran pernafasan manusia.     

Apabila mendirikan perusahaan baru yang khusus memproduksi APD mengalami kendala karena harus men-setting dan mengurus perijinan maupun menyediakan sumber daya manusia, maka bisa saja pemerintah menunjuk PT RNI (Persero) untuk membentuk unit usaha baru sebagai pengembangan atau ekspansi bisnis. Lebih khusus perluasan unit usaha itu dapat diberikan kepada PT Rajawali Nusindo yang sudah berpengalaman dalam memproduksi peralatan kesehatan. Dalam website Nusindo dijelaskan bahwa produk utama yang selama ini mereka produksi adalah healthcare goods seperti laboratorium diagnostic, medical disposables, surgical instrument, dan lain-lain.

Dengan perluasan usaha tersebut atau mendirikan perusahaan baru yang khusus memproduksi APD maka pemerintah ke depan tidak terlalu repot lagi manakala dibutuhkan peralatan tersebut saat terjadi wabah atau pandemi seperti yang terjadi saat ini. 

APD

0 comments