Portal-Rakyat : Politik, Ekonomi, Sejarah, dan Budaya Indonesia

Wednesday, March 25, 2020

Inilah Rumah Sakit di Indonesia yang Mampu Memproduksi APD Sendiri

Dalam rangka memerangi penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) diperlukan pasokan yang memadai, tidak hanya sekedar masker namun juga APD (Alat Pelindung Diri) yang diperuntukkan bagi kalangan medis.

Saking mendesaknya kebutuhan APD bagi kalangan medis di tengah pandemi COVID-19 yang masih melonjak jumlah pasiennya dari waktu ke waktu telah memaksa Menteri Pertahanan RI, Prabowo Soebianto, menelpon langsung PT Sri Rejeki Isman Tbk atau yang lebih dikenal dengan Sritex, agar pabrik tersebut dapat memproduksi APD secara massal.

Namun mungkin masih banyak orang yang belum tahu bahwa ada sebuah rumah sakit di Indonesia yang mampu memproduksi sendiri APD bagi tenaga medis. Ya, rumah sakit itu adalah RSUD dr Moewardi, Solo, Jawa Tengah. Rumah sakit ini diketahui telah membuat sendiri pakaian khusus bagi tenaga kesehatan tersebut guna memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Awalnya mereka mencari baju APD yang sesuai dengan spesifikasi standard lalu ditiru pembuatannya dan ternyata hasilnya pun baik dan dengan biaya yang lebih murah dibanding membeli dari luar. Rumah sakit ini tidak terlalu mengalami kendala dalam memproduksi APD karena dulu memiliki pengalaman membuat alat pelindung saat penanganan flu burung. Dalam sehari, RS dr Moewardi mampu memproduksi APD sebanyak kurang lebih 200 unit dengan biaya produksi yang relatif murah yaitu sekitar Rp 45 ribu per piece.

Nama RS dr Moewardi diresmikan pada tanggal 10 November 1988 bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan dimana nama tersebut dipakai untuk mengenang jasa kepahlawanan Dr Moewardi, seorang dokter lulusan STOVIA. Rumah sakit umum daerah bertaraf nasional ini beralamat di Jl Kolonel Sutarto No 132, Jebres, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

APD

0 comments