Portal-Rakyat : Politik, Ekonomi, Sejarah, dan Budaya Indonesia

Thursday, March 19, 2020

Website Kominfo Down ?

Pada saat beberapa menit sebelum tulisan ini diunggah (19/03 pukul 15.10 WIB), admin portal-rakyat mendapati hasil pengecekan melalui website https://www.isitdownrightnow.com bahwa domain kominfo.go.id dalam kondisi “down” sehingga tidak bisa diakses oleh pengunjung.

Isitdownrightnow.com merupakan website yang dapat memonitor status server dari suatu website apakah statusnya dalam kondisi normal atau sebaliknya. Tools yang dipakai sangat mudah dipakai oleh pengguna dimana nama URL cukup dimasukkan ke kolom yang ada dan selanjutnya Isitdownrightnow akan melakukan proses pengecekan secara online dengan hasil yang ditampilan berupa data realtime.

Metode yang dipakai isitdownrightnow adalah dengan cara melakukan “ping” ke website Kominfo dengan menggunakan server mereka dimana diperoleh informasi bahwa tidak ada “response time” pada URL kominfo.go.id. Lalu isitdownrightnow.com memberikan kesimpulan yang menyatakan, “Kominfo.go.id is DOWN for everyone.”

Kejadian ini sebenarnya bukan pertama kali ini terjadi karena pada tahun 2019 lalu, situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) itu pernah mengalami hal yang sama. Namun pada waktu itu masih sempat muncul pesan error “500 Internal Server Error” dengan menampilkan permintaan maaf karen halaman yang dituju tidak dapat ditemukan. 
Sampai saat ini belum ada penjelasan resmi dari Kominfo perihal status “down” yang menimpa server mereka di bulan Maret 2020 ini ditengah ramainya pemberitaan virus corona.

Update Pukul 17.00 WIB (19/03) :
Situs Kominfo (kominfo.go.id) sudah dapat diakses kembali seperti sedia kala.

0 comments