Portal-Rakyat : Politik, Ekonomi, Sejarah, dan Budaya Indonesia

Friday, April 3, 2020

Apa Itu Gugatan Class Action dan Bagaimana Syarat-Syarat Pengajuannya

Selain kejadian banjir DKI Jakarta 2020 yang membawa peristiwa ini ke ranah hukum yaitu pengajuan gugatan class action yang ditujukan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, muncul seorang pengusaha UMKM di Jakarta yang mengajukan gugatan class action. Namun kali ini pihak yang digugat adalah Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dalam kasus munculnya wabah virus corona di Indonesia.

Seorang pengusaha UMKM yang bernama Enggal Pamukty diketahui mengajukan gugatan class action kepada Presiden Jokowi karena ia dinilai tidak mampu mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi penyebaran virus corona. Ia mengatakan bahwa seandainya pemerintah sudah menyiapkan diri sejak 2,5 bulan sebelum munculnya kasus corona di Indonesia maka tidak akan terjadi kerugan materiil dan imateriil yang dialami masyarakat termasuk para pelaku UMKM seperti dirinya. Gugatan class action tersebut telah didaftarkan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat pada tanggal 01 April 2020 dengan nomor registrasi PN JKT.PST-042020DGB. 

A. Apa Itu Gugatan Action Class ?

Menurut UU No 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang dimaksud dengan class action adalah “hak kelompok kecil masyarakat untuk bertindak mewakili masyarakat dalam jumlah besar yang dirugikan atas dasar kesamaan permasalahan, fakta hukum, dan tuntutan yang ditimbulkan karena pencemaran dan/atau perusakan lingkungan hidup.” Sedangkan menurut PERMA (Peraturan Mahkamah Agung) No 1 Tahun 2002, terminologi class action diganti menjadi “gugatan perwakilan kelompok” yaitu “suatu prosedur pengajuan gugatan dimana 1 (satu) atau lebih yang mewakili kelompok mengajukan gugatan untuk dirinya sendiri dan sekaligus mewakili sekelompok orang yang jumlahnya banyak yang memiliki kesamaan fakta atau dasar hukum antara wakil kelompok dan anggota kelompoknya.”

B. Unsur-Unsur dan Persyaratan Class Action

Emerson Yuntho dalam materi Kursus HAM untuk Pengacara XI Tahun 2007 dengan judul “Class Action Sebuah Pengantar” menyebutkan bahwa terdapat beberapa unsur dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam gugatan class action yaitu :

Gugatan Secara Perdata
Gugatan class action merupakan gugatan yang masuk dalam ranah hukum perdata. Istilah “gugatan” dikenal dalam hukum acara perdata sebagai “suatu tindakan yang bertujuan untuk memperoleh perlindungan hak yang diberikan oleh pengadilan guna menghindari adanya upaya main hakim sendiri.”

Wakil Kelompok (Class Representative)
Wakil kelompok adalah satu orang atau lebih yang dinyatakan menderita suatu kerugian dimana ia mengajukan gugatan sekaligus mewakili kelompok orang dalam jumlah besar. Untuk menjadi wakil kelompok tidak disyaratkan adanya suatu surat kuasa khusus dari anggota kelompok.

Anggota Kelompok (Class Members)
Adalah sekelompok orang dalam jumlah banyak yang menderita kerugian yang kepentingannya diwakili oleh wakil kelompok saat di pengadilan dimana kedudukan dari anggota kelompok adalah sebagai penggugat pasif.

Adanya Kerugian
Agar dapat mengajukan class action, baik pihak wakil kelompok (class representative) maupun anggota kelompok (class member) harus benar-benar atau secara nyata mengalami kerugian (concrete injured parties).

Kesamaan Peristiwa atau Fakta dan Dasar Hukum
Terdapat kesamaan fakta dan dasar hukum antara pihak yang mewakili (class representative) dan pihak yang diwakili (class member).

Sementara itu terdapat persyaratan tertentu yang harus dipenuhi dalam melakukan gugatan class action yaitu :

Adanya Sejumlah Anggota dalam Jumlah Besar (Numerosity)
Jumlah anggota kelompok (class member) harus sedemikian banyak karena tidak akan efektif dan efisien apabila gugatan dilakukan secara sendiri-sendiri atau individual.

Adanya Kesamaan (Commonality)
Terdapat kesamaan fakta dan dasar hukum (question of law) antara pihak yang mewakili (class representative) dan pihak yang diwakili (class member).

Sejenis (Typicality)
Tuntutan dari penuntut (plaintiff) maupun pembelaan dari tergugat (defendant) dari seluruh anggota yang diwakili (class member) haruslah sejenis.

Wakil Kelompok yang Jujur (Adequacy of Representative)
Wakil kelompok harus memiliki kejujuran dan kesungguhan untuk melindungi kepentingan anggota kelompok yang diwakili. Untuk menentukan apakah wakil kelompok memiliki kriteria adequacy of representative tergantung pada penilaian hakim. Dalam rangka mewakili kepentingan hukum dari anggota kelompok, wakil kelompok tidak dipersyaratkan untuk memperoleh surat kuasa khusus dari anggota kelompok.

gugatan class action

0 comments